Sunday, January 22, 2006

CHIBA UNIVERSITY PROGRAM : HOMESTAY ( HARI KEDUA)

Hwuaaaa..masih ngantuk sih..tapi kan hari ini ada OCHA-KAI (Upacara minum teh), jadinya harus bangun pagi lagi..Ibu Kobayashi udah nyiap2in sarapan, dan aku yang langsung sikat gigi dan bersihin muka, membantunya di dapur. Pagi ini kami makan ala orang jepang umum, OMISOSHIRU, IKAN SAKE, NORI, BAYAM, dan nasi hangat. Hm...sedaaap...Setelah itu kami ke cepat2 ke rumah Ohata-san untuk siap2 pakai kimono. Para ibu2 dengan baik hati memakaikan kimono pink dan menata rambut. Terima kasih sekali!! Kemudian kami pergi ke suatu gedung di mana udah disiapkan satu ruangan ala jepang dan kami ada upacara minum teh.. Posisi duduk, kimono, dan cara membungkukkan badan waktu ada yang ngasih kami teh, semuanya ada aturan. Kaki jadi pegel banget karena gak terbiasa cara duduknya.hehehe..tapi ini kan pengalaman. ya gak? hehe...Ternyata upacara minum teh butuh waktu yg lumayan lama juga, cara minum ada aturan, cara memberi ada aturan, semuanya ada aturan. Cara jalan pakai kimono gak boleh sembarangan, harus pegang kimono dengan tangan kanan supaya gak terbuka, dll. Bener2 suatu pengalaman. Kami minum teh ocha dan makan makanan manis ( udah tradisinya yaa..), dan abis itu, kami diajari cara memberi teh ke orang lain dan bagaimana cara bilangnya kalau mau minum dan abis minum. Semuanya lengkap. Gak lupa juga foto2 dong.hehe.. Terima kasih banyak atas semua pelajaran OCHA-KAInya. Masih lengkap dengan kimono, setelah itu kami berkunjung ke Museum sejarah kota Sudegaura, dan kemudian pergi ke tamanSudegaura, di mana salju masih banyak di tanah dan pohon2an.. Sangat indah! Kami melihat danau dan angsa2nya.. What a wonderful place..udah jam 2,kami lalu makan siang di salah satu restoran jepang (banget). Yummy.. Lalu, sebelum kami pulang, kami sempat melihat laut yang mengarah ke kota Tokyo.Tempatnya bagus banget. Udah keliling2, saatnya kami harus kembali. Di rumah Ohata-san, kami ganti kimono dengan pakaian biasa lagi. Ngobrol2 sebentar, dan kami diantar ke stasiun untuk pulang. Host family pada nganterin dan waktu pisah, sempat sedih juga. Homestay yang cuma 2 hari ini jadi pengalaman yang indah, belajar masak, belajar budaya sebenarnya di sini, sopan-santun, semuanya. Terima kasih banyak ibu Kobayashi. Sampai ketemu lagi! Iro iro osewani narimashite, doomo arigatoo gozaimashita. Ii omoide ni narimashitayo ( Ini akan selalu jadi kenangan yang indah).