Thursday, June 04, 2009

GAJAH MADA

Minggu kemarin di acara Opera Van Java, ada tokoh Gajah Mada yang diperankan sama si Olga. Sumpah, gak cocok banget! Tapi, aku jadi ingin cari : Gajah Mada, di : mbah google yang tahu segalanya. Hasil dari wikipedia adalah seperti ini :

"Gajah Mada adalah salah satu tokoh besar pada zaman kerajaan Majapahit. Menurut berbagai kitab dari zaman Jawa Kuno, ia menjabat sebagai Patih (Menteri besar), kemudian Mahapatih (Perdana Menteri) yang mengantarkan Majapahit ke puncak kejayaannya. Ia terkenal dengan sumpahnya, yaitu Sumpah Palapa, yang menyatakan bahwa ia tidak akan memakan palapa sebelum berhasil menyatukan Nusantara. Di Indonesia pada masa kini, ia dianggap sebagai salah satu pahlawan penting dan merupakan simbol nasionalisme."
Cerita Opera Van Java minggu kemarin itu, ternyata ada benarnya juga.
"Dalam Kidung Sunda, diceritakan bahwa Perang Bubat (1357) bermula saat Prabu Hayam Wuruk hendak menikahi Dyah Pitaloka putri Sunda sebagai permaisuri. Lamaran Prabu Hayam Wuruk diterima pihak Kerajaan Sunda, dan rombongan besar Kerajaan Sunda datang ke Majapahit untuk melangsungkan pernikahan agung itu. Gajah Mada yang menginginkan Sunda takluk, memaksa menginginkan Dyah Pitaloka sebagai persembahan pengakuan kekuasaan Majapahit. Akibat penolakan pihak Sunda mengenai hal ini, terjadilah pertempuran tidak seimbang antara pasukan Majapahit dan rombongan Sunda di Bubat; yang saat itu menjadi tempat penginapan rombongan Sunda. Dyah Pitaloka bunuh diri setelah ayahanda dan seluruh rombongannya gugur dalam pertempuran. Akibat peristiwa itu, Patih Gajah Mada dinonaktifkan dari jabatannya. "
Sebenarnya dari SD juga sudah pernah diterangin soal Gajah Mada, tapi kayaknya dulu aku gak begitu nyimak. Sadarnya malah pas sudah besar, ternyata belajar sejarah (Indonesia) itu asik banget! I just want to start learning about my own histories all over again...

1 Comments:

Blogger @koe toro said...

leh nalan ga

6:15 PM  

Post a Comment

<< Home