Tuesday, February 28, 2006

WATASHI TO FUYU : MENSORE RYUUKYUUMURA (HARI KE-3)

(Mensore : Irasshaimase) Yeepee...hari ini kami mau ke tempat syutingnya OrangeRange dulu waktu lagu KIZUNA..Nama tempatnya itu RYUUKYUUMURA (Ryuukyuu Village). Dulu sebelum namanya Okinawa, kan namanya Ryuukyuu, jadinya di tempat ini ada rumah2 baheula banget , 200 tahun dan masih tetap asli. Kami berangkat dari hotel jam 11.45, masih diantar mas Takao. Kali ini kami menuju ke daerah selatan dari tempat kami menginap. Wuaa..pas sampe di Ryuukyuu Mura, seneng banget! Sejuk, zaman dulu banget deh hawanya. Sebelum masuk ke desa itu, kami masuk ke hall yg luas banget, namanya Chanpuru. iya, itu nama makanan juga, tapi juga nama tempat. Aku dan Suvi pakai baju tradisional Okinawa di sana. wah..kenangan deh..Pakaian tradisional Okinawa warnanya terang2 lho..sama kayak Bali.. apa karena daerah pantai ya? Setelah itu, kami lihat atraksi orang main Sanshin (alat musik Okinawa) dan tabuhan gendang2 beberapa orang, dan akhirnya kami diajaka foto bareng sama mereka. Hehe..nyenengin deh. Trus trus..baru deh kami masuk ke desa Ryuukyuu itu. wuaaa...indaah..arsitektur bangunan2 rumahnya bener2 asli, semua dari kayu, lantainya, bener2 asli. Kami lihat orang2 sedang menari tarian Okinawa yg diiringin sama bapak tua main sanshin. bener2 indah sekali. Kerasa banget zaman dulunya. Beberapa rumah itu adalah rumah2 beberapa keluarga zaman dulu, jadinya di tiap rumah ada papan nama keluarganya. Sekarang rumah2 itu dijadiin tempat buat latihan menari, bikin kreasi macem2, tempat nyimpen pakaian2 tradisional, dll. Menyenangkan bisa ke desa ini, kami ngasih makan angsa dan ikan2 koi di kolam, terus ngeliat hewan HABU-MONGOOSE, dan kayaknya mongoose tuh kalo diliatin kawaii banget.haha..Di tempat ini sejuuuuk banget, dan banyak sekali orang yg datang. jam 4 sore, sesuai jadwal ada salah satu upacara tradisi Okinawa yg namanya 琉球の息吹、絵巻行列( RYUUKYUU IBUKI EMAKI GYOURETSU), jadi ini kayak parade, di mana ceritanya para pengawal raja latihan mempertunjukkan bela diri di depan raja, dan rakyat2 petani menari bersama di hadapan raja dan ratunya. Jadi, di parade itu juga ada SHISHIMAI (kayak barongsai), dan KAMISAMA yg ceritanya membawa kebahagiaan rakyat waktu zaman itu. Wah..kami para pengunjungnya, semua diajak menari. Sangat menyenangkan! (Teman2 bisa liat info lengkap village ini dengan tinggal klik judul di atas ya..) . Kami benar2 terhibur di sini, semua tentang Okinawa zaman dulu bisa kerasa banget. baguuus banget.....kalo nonton video klipnya Kizuna, parade ini juga diliatin lho..Ohiya, siang ini juga aku makan makanan khas Okinawa, OKINAWA SOBA. hehe...enak lho..abis itu, karena gak ada waktu lagi untuk ngeliat tempat lain hari ini, kami kembali ke hotel, istirahat sebentar trus diantar lagi buat makan malam di salah satu restoran di daerah agak utara. Temanku Ruth nyobain daging lumba-lumba lho..hehe...aku juga nyobain dikit, tapi kayaknya gak cocok deh.. dagingnya kok item ya? aneh..hehe..teyus..udah makan malam dengan eskrimnya..kami pulang deh. Capek juga kebanyakan jalan kaki tadi. Hari ini adalah hari yg menyenangkan. Kami udah nyobain sulingnya Okinawa, dengerin orang main SANSHIN..what a wonderful world...