Monday, August 15, 2005

BUNGONG JEUMPA..BUNGONG JEUMPA MEGAH DI ACEH


Kutipan itu aku ambil dari lagu tradisional Aceh yg judulnya Bungong Jeumpa (Bunga Cempaka). Liriknya bagus, nadanya indah, itu yg bikin aku bener-bener jatuh cinta ama lagu itu. Makanya, makin lama aku makin pengen tahu dan ngerti tentang Aceh, sejarahnya, konflik-konfliknya, dan perdamaian yang baru aja ditandatandangani hari ini di Helsinki. Pernah aku baca di koran Kompas yang ngulas abis tentang Aceh dan GAM, tapi gak tau kenapa aku jadi gak mudeng.hehehe...apa karena terlalu rumit ya (atau emang akunya aja...?). Yang aku tahu, Aceh udah banyak berjasa atas kemakmuran Indonesia, tapi kayaknya pemerintah gak terlalu merhatiin keadaan rakyat Aceh. Pemerintah cuma mau minyaknya aja, tapi gak tau kalo msh bnyk rakyat jelata di sana yg butuh bantuan. Mungkin itu yang akibatin ada kelompok GAM, minta kemerdekaan. Udah lama banget kita dengar korban2 yg jatuh, ditawan, ditembak GAM.Udah sering banget kita dengar di Aceh banyak konflik, tapi kita gak bisa berbuat apa2 di sini. Ditambah lagi Tsunami Desember lalu yang melanda Aceh. Memang udah waktunya pemerintah lebih concern sama Aceh. Kata berita, Hari ini ada kesepakatan damai oleh GAM dan Indonesia, tapi GAM tetap ingin Aceh punya bendera dan lagu sendiri, dan itu disetujui. Aku senang, Indonesia gak kehilangan satu daerah yang istimewa lagi, gak ada tembak-tembakan lagi di Aceh. Anak-anak Aceh dan masyarakat semuanya bisa ngejalanin keseharian mereka tanpa takut lagi. Aku senang Aceh bisa damai, Aku senang semua jadi satu lagi. Aku gak bisa buat banyak, cuma bisa nulis ini sebagai ungkapan rasa senang dan bangga jadi salah satu rakyat Indonesia.Indonesia damai terus yaa..Situs tentang Aceh ada di sini www.acehkita.com, en.wikipedia.org/wiki/Aceh.

2 Comments:

Blogger rplr said...

...hip...hip..

....hoouray....!!!

....weLcome peacE...!!!

1:10 PM  
Anonymous Anonymous said...

Long live peace in Indonsia, I love my country but i hate our government!!!

7:44 AM  

Post a Comment

<< Home