Saturday, April 01, 2006

WATASHI TO HARU : KANSAI (HARI KE-1) --- KYOTO ( KIYOMIZUDERA + GION + HEIAN JINGU + GINKAKUJI + KYOTO IMPERIAL PALACE + KINKAKUJI )

Yeepee....Saatnya menjelajah Jepang bagian Kansai niih.. (Yang di Indonesia, ayah, ibu, teman2, saudara semua apa kabar?..miss you always...) Yay, aku dan Desy berangkat menuju Kyoto dari Tokyo Station naik bis malam. Gak kerasa capek tuh, apa karena seneng ya.hehehe..Hari Minggu 26 Maret 2006 jam 7 pagi, sampailah kami di Kyoto Station dan ketemu Ilham di sana. Wuii...Kyoto Station tuh stasiun apa mall ya. Gede banget, bagus deh desainnya. Kami ber-3 sarapan pagi dulu sambil cari info soal Kyoto. Akhirnya kami beli tiket free pass 1 hari naik bis keliling Kyoto cuma dengan 500 yen! Murah banget ya..Ok. Perjalanan dimulai! Naik bis kota menjadi pengalaman yg sangat menyenangkan di kota yg pernah jadi ibukota Jepang ini. Tujuan pertama kami adalah KIYOMIZU-DERA, satu kuil yg udah jadi UNESCO WORLD HERITAGE SITE. untuk mencapai kuil ini, kami harus jalan kaki menanjak, samping kanan kiri adalah rumah2 zaman dulu. wua..indah deh. kerasa zaman dulu. Dari kuil ini kami bisa lihat seluruh kota Kyoto, sangat-sangat indah. Setelah putar2 dan jalan2 sekitar, kami naik bis lagi menuju GION. Distriknya geisha ini memang bener2 wilayah yg sangat tenang, restoran2 tempat Geisha kayaknya tutup deh, apa karena masih pagi. Kami sebenernya pgn bgt foto bareng Geisha, tapi hari itu tidak tampak satupun, jadinya kami jalan2 aja sambil foto2 di tempat2 Geisha biasa berada. Sooo peaceful..Lanjut nih..kami naik bis dari ke HEIAN JINGU (Heian Shrine). sempet kelewatan gara2 gak mencet tombol tanda kalo kita mau berhenti. hehe...Pilar2 merah terang dan atap hijau ini jadi refleksi kehidupan di Kyoto zaman Heian dulu. Di depannya ada alat transportasi tradisional kayak Becak tapi supirnya narik dari depan. hehe..pengen naek, tapi mahal banget. The trip must go on..Tempat bersejarah selanjutnya adalah GINKAKUJI (Silver Pavillion). wow...pintu masuknya aja udah jepang banget ( bambu, dan Camellia), dalamnya ternyata wow...Ginkakuji adalah kuil Zen yg dibangun tahun 1482 oleh Ashikaga Yoshimasa, Shogun Muromachi ke-8. Kuil ini ada 2 lantai, lantai bawah bergaya Cina ( Chouonkaku) ,sementara lantai atas bergaya Jepang (Shon style). Kebayang banget zaman dulunya. Di depannya ada kayak hutan, jadi kami naik ke atas yg penuh dengan pohon bambu dan pepohonan. Alamiiii banget. Wah, indah deh. Kami lumayan lama di sana, tapi kami harus kembali melanjutkan perjalanan. Siang hari yg penuh dengan turis ini kerasa agak hangat. Kami naik bis kota dan kali ini ke KYOTO IMPERIAL PALACE! Inilah tempat tinggal keluarga kerajaan sampai pada waktunya di mana ibukota Jepang pindah ke Tokyo (Edo) tahun 1868. Dinding2 tinggi dan panjaaaang, dan gerbang istana yg tidak boleh dimasukin jadi ciri khasnya. Masih di halamannya, ternyata sudah banyak orang yg Hanami ( Menikmati mekarnya bunga sakura). Ya udah, kami juga jadi foto2 ama sakura.hehe..Istananya megah banget, dan kalo perhatiin baik2 gunung di baliknya, kelihatan ada tulisan kanji di atas gunung itu ( pernah ada di Conan gak ya?). Sekali lagi indahnya kota Kyoto yg begitu mempesona. Kami ber-3 kayaknya gak capek2, jalan kaki ( tahu deh udah berapa km..) terus naik bis menuju KINKAKUJI ( Golden Pavillion). Inilah kuil yg sangat terkenal dan menjadi "the world's most authentic and exquisite Japanese garden". Sebenarnya Kinkakuji itu namanya Rokuon-ji, sebuah villa yg dibuat oleh Ashikaga Yoshimitsu (kakek dari Ashikaga Yoshimasa) sekitar tahun 1397 setelah ia melepaskan takhtanya. Kuil ini ternyata emang beneran dari emas asli lho. Wah..bagus banget! Di kuil ini kami bisa lihat kolam An-mintaku, Sekka-tei Tea House. Wooow...gak bisa dijelasin betapa indahnya tempat ini. Jam udah mulai malam nih, setelah dari Kinkakuji, kami kembali ke Kyoto Station untuk ambil barang, makan malam, dan naik bis (lagi!) menuju ke tempat penginapan kami di Utano. Badanku sendiri kok belom capek ya.hahaha...Udah ah, istirahat dulu. Hari ini banyak banget belajar sejarah Jepang. Sejarah yg sangat panjang....