Sunday, April 02, 2006

WATASHI TO HARU : KANSAI ( HARI KE-5) --- KOBE (IJIN-KAN + NANKIN MACHI + MERIKEN PARK) -- OSAKA ( OSAKA CASTLE + CITY)

Hiks...hari terakhir di Kansai region.. Kamis 30 Maret 2006, pagi-pagi sarapan ama Rumi-chan (o-misoshirunya enak banget!) terus langsung jalan lagi dan hari terakhir dihabiskan di kota Kobe. Yay! Rumi-chan gak ikut ke Kobe, jadinya ber-3 aja. Kami ketemuan di Osaka Station terus nitip koper di loker. Sesuai petunjuk Rumi-chan, kami naik kereta menuju kota Kobe, tepatnya Sannomiya, karena di tempat ini ada satu wilayah yg mana dulu banyak orang asing datang ke Kobe waktu pelabuhan Kobe dibuka untuk perdagangan asing. Ternyata benar! sepanjang jalan, banyak bangunan Belanda yg masih tetap utuh dan beberapa dimodif sama rumah Jepang ( keren banget!), toko2 pakai nama Belanda, serasa bukan Jepang jadinya. Jalanannya asiik banget, ada kesan elegan, gimanaa gitu..hehhe.. Kami sempet lihat Konsul Panama, bangunan2 Inggris, Denmark dan itu bener2 asli dari dulu. Bagus banget..bis kotanya juga kayak bis di Eropa. Jadi, bagunan2 asing ini disebut IJIN-KAN. Orang-orang Jepang yg kerja di sana juga pakai baju tradisi Belanda. Beneran kayak di luar jepang. hehehe..Tata kota dan toko2 sepanjang jalan bener2 udah Eropa banget. Pengalaman yg sangat menyenangkan. Abis itu, kami jalan kaki turun ke bawah dan naik subway ke NANKIN MACHI, yaitu China Town yg jual berupa-rupa makanan cina, baju cina, barang-barang cina..jadi pas masuk, udah keliatan merah semua. Rame banget deh, pengen jajan makanan tapi takut ah..hehehe..Asyik juga ngeliat kampung Cina di Kobe. Puas jalan2, kami jalan kaki dari sana menuju ke salah satu tempat paling bersejarah di Kobe. Apa yg paling bisa diingat dari kota Kobe? Yup, peristiwa gempa bumi dahsyat tahun 1985, dan di MERIKEN PARK inilah tempat kenangan kejadian 21 tahun lalu itu. Memorial Park ini adalah Port of Kobe, dan bisa lihat Kobe Tower yg jadi simbol kota Kobe dan Museum Kobe yg beratap sangat unik. Pengen banget masuk ke museumnya buat lihat sejarahnya gempa bumi itu, tapi waktunya udah mepet. Di taman ini kami lihat beberapa kapal pesiar yg mau meninggalkan pelabuhan. pemandangan yg indah tiada tara..Kami lihat kapal Yamato, dan bangunan2 indah lainnya yg gak bisa disebutin satu-satu. Kobe itu kota klasik yg menarik, dan pengen deh sekali lagi datang lagi. Sekitar jam 15.30, kami kembali ke Osaka untuk menghabiskan waktu bersama Rumi-chan sebelum kembali ke Tokyo. Kami ketemu di Subway Umeda Station Osaka dan langsung cabut lagi dah ke OSAKA CASTLE! Menurut sejarah, benteng ini dibangun oleh Toyotomi Hideyoshi agar musuh gak bisa masuk. Beneran lho, benteng dari luar gagah banget deh, tinggi dan mustahil banget buat dipanjat musuh. keren banget,semua dari batu dan dikelilingin sungai yg sangat indah. Yang menarik, kalo lihat ke samping kiri, kita bisa lihat betapa kekarnya Osaka Castle yg zaman dulu banget, tapi kalo kita lihat ke kanan, kita bisa lihat gedung2 pencakar langit yg udah modern banget. 2 Pemandangan ironis yg benar2 tak terlupakan. Kami jalan2 sekitar benteng, taman dan air mancur di tengah2 taman jadi benteng itu terlihat sempurna. Kami yg gak capek juga ( laper sih) akhirnya diajak Rumi-chan menikmati Oyatsu ( makan makanan dingan di sela2 jam makan ) di Deli Cafe, enak banget rotinya. Ngobrol2, terus gak lupa kami purikura deh ( fotobox). Abis itu, mulailah kami makan malam Okonomiyaki. Sedih deh udah harus balik, rasanya masih banyak tempat2 yg belom didatangin. Rumi-chan udah jadi sahabat yg baik bagi kami, terima kasih banyak sekali. Kyoto, Nara, Osaka, Kobe...Kota-kota cantik yang gak pernah bisa dihilangin dari sejarahnya negara Jepang.. Kota-kota yg punya seribu kenangan..seribu pelajaran....