Sunday, October 30, 2005

WATASHI TO AKI : STUDY TOUR TO SAMURAI HOUSE -- JAPANESE HISTORY MUSEUM

Kelas arsitektur kali ini belajar di Samurai house dan Japanese History Museum. Sabtu 29 oktober 2005 jam 10 pagi kami ketemu sensei di stasiun, berangkat bareng ke kota Sakura. Kotanya tenaaaaaaaang bgt, nyaman, dingin tapi agak hangat. (?). Bersih dan terlihat aman sentosa. Pertama kami pergi ke Samurai house. Pas masuk pagarnya, bener2 kerasa zaman dulu. Bangunannya zaman dulu, interiornya zaman dulu, dapur dan atapnya juga. Benar2 indah. Jadi kepengen nginep di situ.hahaha..ok. Ada 3 rumah samurai yg kita datangin, dan sewaktu kita di rumah ketiga, salah satu putranya sensei yg masih kecil bilang kalau di sini ada hantu.WUAAA...kita pada kaget gitu..Tau ah...males ngebahas.hahaha..Lanjuut..Jepangnya kerasa banget deh di rumah ini. Semuanya pada minum teh di ruangan tengah kecuali para muslim seperti diriku (cobaan berat melihat orang minum dan makan..). Setelah puas meliaht2 rumah dari depan, belakang, samping,kita pergi ke Museum sejarah Jepang.
Sebelum kami masuk ke museum, sensei dan keluarga, serta para murid2 lainnya makan siang di tempat istirahat. sekali lagi, ini godaan berat.hehehe...Yap, kita langsung ke museum. Museumnya luaaaaaaaaaaaas banget! kayaknya huruf a itu gak cukup buat gambarin betapa luas dan gedenya museum itu. Benar2 teknologi canggih, bersih, gak boleh foto pake flash, dan tentu saja, dari zaman jomon sampai modern era semua lengkap! mau lihat rumah2 jomon, ada. Peralatan makan dan perang, ada. Baju2 zaman dulu, ada. Dokumen2 asli, ada. Miniatur2 kota zaman pertengahan, ada (detail banget lho!). Macam2 kapal dan perahu mancing zaman dulu, ada. Topeng kabuki dan noh, ada. Gak ada yg kelewat deh. Bioskop mini juga ada kalau mau liat dokumenter zaman dulu.wuaaaa......asli subarashiii!!!!Galeri2nya bener2 bagus banget. Sampe capek banget jalan kaki, saking luasnya. Kami berkeliling sambil diskusi sama sensei. Beneran, fun banget!
Kami pulang sekitar jam 5 sore. Naik kereta pulang ke chiba. Hari ini banyak belajar sejarah, meskipun gak ada tentang sejarah jepang dan indonesia. Ternyata main ke museum menyenangkan. Nanti kalau udah balik, aku pengen main2 ke museum lagi..